Select Page

SatPol PP Akan Menertibkan Bangunan Bermasalah di Wilayah Jakarta Barat

SatPol PP Akan Menertibkan Bangunan Bermasalah di Wilayah Jakarta Barat

W I | Jakarta,- Walau keterbatasan dana, SatPol PP yakin akan memenuhi target penertiban lima puluh (50) bangunan bermasalah di wilayah Jakarta Barat untuk tahun 2018. Hingga saat ini hanya tiga puluh (30) bangunan yang berhasil ditertibkan SatPol PP.

Seperti dikutip poskotanews.com, “Target bangunan yang akan ditertibkan sepanjang 2018 ada 50, sedangkan rekomendasi teknis (rekomtek) dari Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat sekitar 500 bangunan menyalahi aturan,” kata Kepala Satpol PP Jakarta Barat (16/10).

Dari target pembongkaran 50 bangunan tersebut pelanggarannya berkisar karena tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) maupun menyalahi izin.

Tamo menjelaskan terhadap 30 bangunan yang sudah dibongkar tersebut dipastikan tidak bisa mengurus izin.

“Sebagai efek jera, terhadap pelanggar bangunan di DKI selain bangunannya ditertibkan, pemiliknya dikenakan denda. Rencananya puluhan pemilik bangunan bermasalah di Jakarta Barat akan digelandang dalam sidang tipiring pada November mendatang,” pungkas Tamo.

Tamo menambahkan, setiap bangunan yang akan dilakukan pembongkaran sudah lebih dahulu diberitahu melalui surat peringatan.

Dalam pembongkaran, Satpol PP juga melibatkan Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan, serta kelurahan dan kecamatan setempat terkait bangunan yang menyalahi IMB.

“Ada juga setelah kami periksa yang bersangkutan mau bongkar sendiri. Dan yang kecil-kecil akan dikenakan denda salam sidang yustisi di Bulan November,” kata Tamo. (RH)

About The Author

Red