Select Page

Raja Salman Resmikan Kereta Cepat

Raja Salman Resmikan Kereta Cepat

W I | Jeddah, – Kereta api kecepatan tinggi Haramain di Artab Saudi, dengan  jalur sejauh 450 kilometer menghubungkan kota suci Mekkah dan Madinah, Selasa (25/9), diresmikan penggunaannya oleh Raja Arab Saudi Salman.

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Kerajaan Saudi Arabia untuk melayani para peziarah muslim yang melakukan ibadah haji ataupun umrah ke Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah, seperti diberitakan Gulf News.

Dengan kecepatan 300 km/jam, kereta cepat ini juga disebut akan mempersingkat waktu tempuh antara Mekah dan Madinah. Sebelumnya perjalanan antara dua kota ini membutuhkan waktu dua jam, dengan adanya kereta ini perjalanan dua kota itu cukup setengah jam saja.

Al-Rumaih mengatakan kereta akan mengubungkan stasiun di Mekkah, Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz, King Abdullah Economic City di Rabigh dan Madinah.

Kereta berkecepatan tinggi Haramain dapat membawa 60 juta penumpang per tahun dengan armada 35 kereta yang masing-masing memuat 417 kursi.

Upacara peresmian ini akan dihadiri oleh sejumlah pejabat lokal dan internasional, berbagai tokoh Islam, investor senior dan perwakilan dari operator proyek kereta Al Haramain. (Red)

About The Author

Red