Select Page

Peringati HSN 2018, Pegawai BPS Kabupaten Aceh Besar Terima Penghargaan

Peringati HSN 2018, Pegawai BPS Kabupaten Aceh Besar Terima Penghargaan

W I  | Banda Aceh – Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) tadi pagi Rabu (26/9/18) BPS Aceh mengelar Apel HSN di halaman kantor BPS Provinsi Aceh yang di ikuti oleh seluruh pegawai BPS Provinsi Aceh, BPS Kota Banda Aceh dan BPS Kabupaten Aceh Besar, sekaligus ditutup dengan pembagian hadiah kepada peserta pemenang lomba pada serangkaian perlombaan HSN dan juga pembagian penghargaan Satya Lencana kepada pegawai baik yang sudah berbakti selama 10 tahun maupun yang sudah 30 tahun.

Kepala BPS Provinsi Aceh bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2018 di halaman kantor BPS Provinsi Aceh,
Tema peringatan HSN Tahun 2018 adalah “Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa”, yang merupakan seruan bagi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama, membangun Indonesia, dengan mengacu kepada statistik sebagai landasannya.

Dalam sambutan Kepala Badan Pusat Statistik RI, Dr. Suhariyanto yang dibacakan oleh Drs.Wahyudin,MM, dikatakan bahwa HSN bukanlah hari ulang tahun BPS, melainkan hari diundangkannya UU No.7 Tahun 1960 tentang Statistik, sehingga HSN bukan hanya milik insan BPS, tetapi milik seluruh bangsa Indonesia.

“Mengingat betapa pentingnya statistik, Presiden Joko Widodo menekankan agar Kementerian/ Lembaga menggunakan dan mengacu pada data BPS sebagai satu-satunya referensi dalam pengambilan kebijakan pembangunan.” Ujar Wahyuddin dalam bacaannya.

Dengan demikian, ke depan BPS akan terus berupaya menyempurnakan metodologi dan mengintegrasikan berbagai survey, sehingga pengumpulan data dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, BPS juga akan melakukan evaluasi produk-produk yang telah dihasilkan, seberapa jauh dimanfaatkan oleh para pengguna data. Tidak berhenti sampai di situ, permintaan kerja sama pun akan diseleksi dan difilter untuk meminimalisir terjadinya survei baru.

Keberadaan BPS sebagai penyedia official statistics harus dapat memberikan data yang betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku dan sesuai dengan standar internasional.

Setelah apel dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada pegawai baik pegawai BPS provinsi maupun pegawai BPS kab/kota.Dalam hal ini,lima pegawai BPS kabupaten Aceh Besar
menerima Satya Lancana Karya Satya yang diserahkan langsung oleh kepala BPS Aceh, diantaranya adalah 2 orang yang masa bhakti selama 10 tahun yaitu Rini Kapiani dan Muliandari serta 3 orang yang masa bhakti 30 tahun yaitu Amiruddin M. Amin, SE, Amiruddin. SE dan T. Zulfikar.

Diakhir acara juga ada pengumuman pegawai teladan masing-masing BPS,untuk BPS Provinsi Aceh yaitu Raja Maulana,S.Si,kota Banda Aceh Dina Nurmala Sari,S.Si dan untuk BPS Kabupaten Aceh Besar Nengsi Fitrah. Serangkaian acara ditutup dengan foto bersama. (Afz)

 

About The Author