Select Page

Penyebab Terjadinya Tsunami di Sulawesi Tengah Menurut BNPB

Penyebab Terjadinya Tsunami di Sulawesi Tengah Menurut BNPB

W I | Jakarta,-  Gempa bermagnitudo 7,7 mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9). Tak hanya besar, gempa tersebut juga menimbulkan tsunami dengan ketinggian 1,5 meter yang menerjang wilayah Donggala, Palu, dan Mamuju.

“Kenapa terjadi tsunami cukup besar, kami telah melakukan koordinasi dengan beberapa ahli tsunami ada dua penyebab. Pertama, di Teluk Palu, yang kalau berdasarkan video tsunami menerjang cukup tinggi, ini disebabkan ada longsoran sedimen dasar laut kedalaman 200-300 meter,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9).

“Ketika diguncang gempa 7,4 SR tadi akhirnya runtuh, longsor, dan membangkitkan tsunami. Kalau dilihat video di Pantai Talise, tsunami awal itu airnya jernih, tetapi kemudian datang dari laut bergelombang dan naik-turun airnya kondisinya keruh. Menurut analisis ahli, itu kemungkinan dipicu longsoran di dasar laut,” ucapnya.

“Kemudian faktor kedua, disebabkan oleh karena gempa lokal yang terjadi di bagian luar dari Teluk Palu. Gelombang tsunami ini diperkirakan tidak cukup besar dari longsoran sedimen di Teluk Palu”.

“Karena ini juga bahwa tsunami itu bukan hanya diakibatkan gempa bumi, tapi juga longsor dasar laut,” tutup dia. (Red)

 

About The Author

Red