Select Page

Pencemaran Nama Baik, Rizal Ramli Melaporkan Surya Paloh ke Polisi

Pencemaran Nama Baik, Rizal Ramli Melaporkan Surya Paloh ke Polisi

W I | Jakarta,- Rizal Ramli melaporkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik.

“Hari ini ada sekitar 60 kawan-kawan, kami hari ini ingin mengajukan tuntutan kepada Surya Paloh, karena saya sahabat dia sebenarnya,” kata Rizal di kantor sementara Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (16/10).

Menurut Rizal, dugaan tindak pidana itu dilakukan Surya Paloh setelah memberikan kuasa kepada Ketua Badan Advokasi dan Hukum NasDem Taufik Basari untuk melaporkan dirinya ke Bareskrim beberapa waktu lalu.

Rizal merasa, laporan polisi yang dilayangkan Taufik bersama rekan-rekan ke Polda Metro Jaya tersebut mengada-ngada.

“Pengacara-pengacara yang mengatasnamakan NasDem mengatakan bahwa kami merusak nama baik NasDem, padahal tidak pernah ada satu hal apa pun di televisi atau pun di media kami menyebut nama NasDem,” katanya.

Laporan tersebut diterima dengan nomor LP/B/1309/X/2017/BARESKRIM tertanggal 16 Oktober 2018.

Seperti dikutip dari detik.com, Rizal Ramli datang ke Bareskrim bersama puluhan pengacaranya dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) hari ini. Ketegangan antara Rizal dengan Surya Paloh berawal dari perkataan Rizal yang dianggap mencemarkan nama baik Surya Paloh di salah satu acara TV.

Setelah itu, kuasa hukum NasDem melaporkan Rizal ke Polda Metro Jaya. Rizal tidak terima dilaporkan hingga akhirnya dia melaporkan balik Surya Paloh. Ia juga merasa dirugikan secara imaterial dan materil sehingga menuntut Surya Paloh membayar uang sebesar Rp 1 T.

“Kerugian materil dan imateril, itu Rp 100 miliar, total Rp 1 triliun. Kami minta, seandainya polisi berhasil membuktikan dugaan merusak nama baik ini, agar Surya Paloh ganti rugi kerugian materil dan imateril seluruhnya. Nanti kami akan berikan seluruhnya kepada petani dan tambak garam di Indoensia,” ucap Rizal. (Red)

About The Author

Red