Select Page

Pelindo II Meresmikan Go Live Marine Operating System

Pelindo II Meresmikan Go Live Marine Operating System

W I | Jakarta,- Sosialisasi dan Go Live Marine Operating System (MOS) atau digitalisasi layanan pandu tunda di Pelabuhan Tanjung Priok, resmi diluncurkan pada Rabu (3/10), bertempat di Kantor Cabang Pelindo II Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Peluncuran MOS ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur Operasional Pelindo II Prasetyadi yang diberikan kepada Kepala OP Tanjung Priok Captain Hermanta, disaksikan GM Pelindo II Tanjung Priok Mulyadi, serta para pelayaran yang hadir di acara tersebut.

Baik Prasetyadi maupun Hermanta menyatakan, bahwa MOS ini tujuannya agar layanan pandu tunda di Priok lebih baik lagi.

“Diharapkan dengan aplikasi MOS ini layanan pandu tunda di pelabuhan Priok bisa lebih efektif, lebih efisien, sehingga dampaknya cost logistik lebih murah,” kata Hermanta.

Hermanta menyatakan apresiasinya terhadap Pelindo II Tanjung Priok, atas diluncurkannya program MOS on-line ini.

“Setahu saya, layanan pandu tunda di Priok paling baik di seluruh pelabuhan. Dengan adanya sistem elektronik pandu tunda ini bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Karena itu, untuk kesempurnaan jalannya sistem ini, Hermanta minta supaya semua pihak selalu memberi kritik dan masukan positif yang sifatnya solusif.

Sementara itu, Prasetyadi mengatakan bahwa sekarang ini sistem sedang dalam tahapan penyempurnaan. “Kami terus berusaha untuk stabilisasi sistem. Mohon dukungan, masukan agar layanan sistem MOS ini bisa sempurna,” ujar Prasetyadi.

Menurut dia, jika aplikasi MOS ini sudah tidak ada kendala diterapkan di Priok, nantinya akan diterapkan di semua pelabuhan yang ada di wilayah Pelindo II.

“Sistem ini juga yang digunakan di pelabuhan Singapura,” ungkapnya. GM Pelindo II Tanjung Priok Mulyadi menambahkan, dengan sistem ini semoga human error’ bisa berkurang. Dan ini bisa menjadi solusi untuk service pandu tunda di Tanjung Priok.

Untuk diketahui, MOS merupakan sistem yang didesain guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan pemanduan dan penundaan kapal dengan spesifikasi teknis, antara lain Resources management, planning scheduling deployment, dan Resources optimizer.

Benefit MOS untuk pengguna jasa, yakni kepastian waktu pelayanan, tidak ada koreksi nota, pelayanan otomatis berjalan melalui sistem MOS, dan semua data terlacak dan dapat dimonitor.

“Kalau sebelumnya, pengguna jasa tidak bisa melihat pandu/kapal tunda yang melayani kapalnya. Masih ada potensi koreksi nota pelayanan,” kata Mulyadi lagi.(Benny PS)

About The Author

Red