Select Page

Mahasiswa Jepang Gelar Sosialisasi Bencana di Sekolah Sukma Bangsa Pidie

Mahasiswa Jepang Gelar Sosialisasi Bencana di Sekolah Sukma Bangsa Pidie

W I | Sigli – Seorang mahasiswa S3 dari Jepang bernama Mr. Kosuke Kazumi yang sedang melakukan kunjungan belajar dan penelitian di Sekolah Sukma Bangsa Pidie menggelar acara sosialisasi mitigasi bencana bersama perwakilan BNPB Pidie Bapak Jamaluddin dan Ibu Rina.

Kegiatan yang digelar pada Sabtu pagi 06 Oktober 2018 pukul 08.00-10.00 di Aula Serba Guna Sekolah Sukma Bangsa Pidie tersebut diikuti ratusan siswa dan guru.

Sosialisasi ini bertujuan utk meningkatkan kesadaran para siswa akan pentingnya mitigasi bencana. “Kita sadari betul bahwa Indonesia merupakan negara yg secara geografis rawan terhadap banyak bencana, mulai dari banjir, hujan lebat, longsor, gempa dan tsunami. Dengan pemahaman dan kesadaran yg baik tentang mitigasi bencana, kita berharap dapat mengurangi dampak bencana baik korban maupun kehancuran,” ujar Marthunis Bukhari, Direktur Sekolah Sukma Bangsa Pidie.

Selain itu, BNPB Pidie berencana akan melaksanakan pilot project untuk sekolah aman bencana dan desa siaga bencana. “Tim BNPD berharap Sekolah Sukma dapat bekerja sama untuk dapat menjadi pilot project dlm program ini,” ujar perwakilan dari BNPB Pidie.

Pemateri dari Jepang Mr. Kasuke dalam sesinya menjelaskan bagaimana Jepang yg juga negara yang rawan bencana dapat mengelola bencana dengan baik sehingga mereka dapat menimalisasi jumlah korban dan kerusakan bencana. (TRDC/Syw)

About The Author