Select Page

IMF : Indonesia Tidak Butuh Pinjaman Karena Pemerintah Sukses Hadapi Tekanan Ekonomi Global

IMF : Indonesia Tidak Butuh Pinjaman Karena Pemerintah Sukses Hadapi Tekanan Ekonomi Global

W I | Bali,- Dana Moneter Internasional/International Monetary Fund (IMF) memastikan Indonesia tidak lagi memerlukan pinjaman dari mereka untuk memperbaiki kinerja perekonomiannya. Menurut IMF, pemerintah Indonesia saat ini sudah mengelola perekonomian dengan baik meski kondisi global sedang tidak menentu.

Melalui keterangan tertulis Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan “Pinjaman dari IMF bukan pilihan karena ekonomi Indonesia tidak membutuhkannya. Ekonomi Indonesia dikelola dengan sangat baik oleh Presiden Jokowi, Gubernur Perry, Menteri Sri Mulyani, Menteri Luhut, dan rekan-rekan mereka,”

“Membatalkan Pertemuan Tahunan bukanlah sebuah pilihan karena hal itu akan menyia-nyiakan sumber daya yang telah dianggarkan selama tiga tahun terakhir, dan menghilangkan kesempatan besar untuk memamerkan Indonesia ke seluruh dunia serta menciptakan peluang dan lapangan pekerjaan,” tutur Lagarde.

Ditemui ditempat yang sama, menurut kepala ekonom IMF Maurice Obstfeld dalam press briefing laporan World Economic Outlook 2018 menyatakan  “Indonesia memiliki kisah sukses, meskipun kami menurunkan proyeksi karena pengetatan kebijakan moneter, (kenaikan) harga minyak, dan perang dagang AS-China, tapi kami lihat pertumbuhan masih cukup kuat,”

Obstfeld pun mengungkapkan, pemerintah Indonesia masih memiliki kesempatan untuk membawa Indonesia ke level pertumbuhan ekonomi yang lebih konsisten. Ini sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang terjadi di Indonesia pula. Indonesia lanjut dia, akan bisa memperoleh penerimaan pajak yang lebih banyak. Caranya adalah dengan berinvestasi di sektor pendidikan, infrastruktur, dan jaring pengamanan sosial. Intinya, kata dia, Indonesia harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Ini akan menguntungkan banyak orang. Kami ingin Indonesia melihat hal itu, untuk menaikkan sumber daya manusia,” tutur Obstfeld.

Reporter : kompas.com

Editor: Red

About The Author

Red