Select Page

Gunung Soputan Kembali Keluarkan Abu

Gunung Soputan Kembali Keluarkan Abu

W I | Minahasa, – Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, meletus pada Rabu (3/10/2018 pukul 08.47 Wita. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Pos Pengamatan Gunung Soputan, tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 meter di atas permukaan laut.

Di Kutip dari esdm.go.id Gunung Soputan, Sulawesi Utara kembali mengeluarkan erupsi pagi ini, Kamis (4/10), pukul 06:36 WITA dengan tinggi kolom abu teramati +- 1.500 m di atas puncak (+- 3.309 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya dan barat. Dilaporkan sebelumya telah terjadi erupsi G. Soputan pada tanggal 03 Oktober 2018 pukul 11:52 WITA dengan tinggi kolom abu teramati +- 5.000 m di atas puncak (+- 6.809 m di atas permukaan laut). Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi +- 12 menit 35 detik.

Selain itu, untuk mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu, masyarakat di sekitar G. Soputan dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut.

Masyarakat di sekitar G. Soputan juga diharap tetap tenang, tidak terpancing isu-isu letusan G. Soputan. PVMBG selalu berkoordinasi dengan BNPB. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Pemerintah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara tentang aktivitas G. Soputan. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Pemerintah Daerah agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan G. Soputan di Silian Tiga, Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (Red)

 

About The Author

Red