Select Page

Gempa Tektonik Guncang Pidie-Aceh

Gempa Tektonik Guncang Pidie-Aceh

Wahanaindonesia.com | Pidie – Wilayah Sigli-Aceh diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan M=4,8 SR yang terjadi dengan koordinat episenter pada 5.17 LU dan 96.23 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 km arah Tenggara Sigli, Pidie-Aceh pada kedalaman 7 km, pada Selasa (18/9/2018) sekitar pukul 14:33 WIB.

Kemudian, gempa bumi kedua atau susulan pada pukul 14:38:13 WIB, hasil menunjukkan M=4.0 dengan koordinat episenter 5.31 LU dan 96.04 BT atau tepatnya 10 km Tenggara Sigli, Pidie-Aceh pada kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Edison Kurniawan, S.Si., M.Si mengatakan bahwa dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan(shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Sabang dan Pidie Jaya dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Pidie Jaya,” kata Edison, Selasa (18/9/2018)

Ia menambahkan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 15:23 WIB, terjadi 1 kali gempa bumi susulan, namun tidak berpotensi Tsunami.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Sabang dan Pidie Jaya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” jelas Edison.

Terlihat masyarakat di kawasan Kota Meureudu. Pidie Jaya berhamburan keluar gedung dan rumah saat gempa terjadi, dan masih trauma akibat gempa pada 7 Desember 2016 silam yang meluluhlantakkan sebagian kawasan di Pidie Jaya. (CR9/TRBN)

About The Author