Select Page

8 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

W I  | Medan, – Danau Toba yang memiliki luas sekitar 1.130km persegi dan dengan kedalaman kurang lebih 1.600 meter merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara serta menempati peringkat dua danau terluas di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Terletak di propinsi Sumatera Utara, Danau ini menyimpan berjuta pesona alam yang tak akan habis untuk dijelajahi.

Ternyata disekitar Danau Toba memiliki sejumblah tempat wisata yang tidak kalah menarik dan patut untuk dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya adalah:

1.Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging yang berlokasi tidak jauh dari air terjun tertinggi di Indonesia yaitu air terjun Sipiso Piso Medan jaraknya hanya 900 meter, hanya berjalan kaki bisa mencapai lokasi wisata dalam 14 menit. Objek wisata Sumatra Utara ini sebenarnya berupa resort atau penginapan villa dan guest house yang sekitarnya terdapat taman bunga dirawat baik oleh pengelola resort. Di Sapo Juma Medan, terdapat juga lokasi camping ground menarik yang dikelola oleh pemilik resort.

 

2.Air Terjun Sipiso-piso

Berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

 

3.Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Binangalom karena airnya berasal dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.
Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia air terjun ini tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Anda pun dapat menikmati sensasi berenang melawan arus di air terjun ini.

Untuk menuju tempat ini ada dua alternatif jika Anda dari Medan, yaitu rute dari Parapat melalui Pelabuhan Ajibata atau rute dari Balige melalui Pelabuhan Balige. Keduanya sama-sama ditempuh dengan menyewa kapal motor menuju lokasi air terjun. Namun jarak terdekat adalah dari Balige, sebab letak air terjun ini mengarah ke Balige.

 

4.Pantai Paropo dan Tao Silalahi

Pantai Paropo adalah wisata yang  terletak pada sepanjang pantai desa Silalahi I, Silalahi II, Silalahi III, dan Paropo. Hamparan pantai yang indah diperkirakan dapat mencapai 28 km. Perairan Danau Toba di sini merupakan paling terdalam, dengan kedalaman mencapai 905 meter.

Selain untuk tempat berkemah, Paropo merupakan lokasi yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Tentunya anda harus mempersiapkan alat pancing sendiri dari rumah karena di paropo tidak ada penyewaan alat pancing.

 

5.Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat adalah sebuah kawasan pemandian air panas yang terdapat di lereng Gunung Pusuk Buhit. Letaknya di Pangururan, yang merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Pulau Samosir. Para pengunjung bisa nyebur dan mandi ke kolam air panas secara gratis, asalkan berbelanja di warung yang tersedia di masing-masing kolam.

 

6. Negeri di Atas Awan; Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan yang merupakan gunung tertinggi di Propinsi Sumatera Utara, dengan ketinggain 2.457 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut). Selain melewati tantangan berupa naik turun tiga lembah dan tiga bukit sebelum mencapai puncak, sebagian besar adalah hutan lumut, kesempatan langka merasakan pemandangan tersebut membuat petualangan alam mendaki Gunung Sibuatan menjadi lebih menantang.

Terletak di kecamatan Merek, kabupaten karo. Dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi dengan rata-rata 2000 mm per tahunnya, dan musim hujan terjadi pada bulan September hingga Desember lalu musim kemarau pada bulan januari hingga Agustus. Gunung Sibuatan tergolong unik, dikarenakan minimnya informasi mengenai lokasi sesungguhnya, banyak para pendaki yang urung menemukan lokasi Gunung tersebut dan menambah ketertarikan mereka yang ingin menaklukkan puncaknya. Gunung ini sendiri memiliki dua puncak yaitu puncak Timur dan puncak Barat.

 

7.Pemandian Bukit Gibeon

Bukit Gibeon merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di desa Sibisa, Kabupaten Toba Samosir yang dapat ditempuh hanya 20 Menit saja dari Parapat. Di daerah Bukit ini tersedia beberapa bangunan yang diperuntukkan untuk wisata rohani (agenda seminari), dan ada juga terdapat sebuah kolam pemandian yang di design unik dan menarik dan pastinya sangat segar untuk masyarakat umum.

Di kawasan ini terdapat air terjun. Air Terjun Gibeon merupakan air terjun alami yang jatuhan airnya itu unik dan menarik karena jatuhan airnya langsung menujuh ke sebuah kolam penampungan/ kolam renang yang lebih dikenal sebagai Pemandian Bukit Gideon.

 

8.Bukit Teletubbies: Bukit Holbung

Bukit Holbung yang berada di Desa Janji Marhatan telah berusia lebih dari 200 tahun. Desa ini juga menawarkan keunikan lainnya. Salah satu daya tariknya adalah Bukit Holbung. Wisatawan datang ke sini untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari atas. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati potensi alam dan kehidupan masyarakat setempat. Desa ini cukup tenang dan nyaman sehingga cocok untuk bersantai saat liburan tiba.

 

 

Kedelapan tempat wisata di sekitar Danau Toba tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan tujuan wisatamu. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dan keasrian tiap objek wisata. (Red)

 

Dikutip dari berbagai sumber

About The Author

Red