Select Page

Panglima kolinlamil Beri Penghargaan 3 KRI Berhasil Terapkan Protokol Kesehatan

Panglima kolinlamil Beri Penghargaan 3 KRI Berhasil Terapkan Protokol Kesehatan
WI I  Jakarta, –
Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) memberikan penghargaan kepada tiga KRI jajaran Kolinlamil yang berhasil menerapkan protokol kesehatan. Penghargaan ini disampaikan dalam apel khusus yang berlangsung di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (31/8).
Tiga Kapal Perang jajaran Kolinlamil yang mendapatkan penghargaan tersebut, KRI Amboina 503, KRI Teluk Hading 538 dan KRI Teluk Lampung 540.
Ketiganya dianggap berhasil dalam menerapkan prosedur protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas operasi dukungan angkutan laut militer pergeseran pasukan satgas pamtas RI – Papua dan RI – Timor Leste.
Prosedur yang diterapkan ketiga kapal perang ini sesuai dengan instruksi dari pemerintah. Mulai embarkasi, para prajurit yang akan naik ke kapal menjalani prosedur dengan pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan, menjaga jarak atau antrian naik kapal antara 1-2 meter dan menjaga kondisi tubuh saat pelayaran dengan berolahraga dan berjemur sinar matahari.
Begitu pula saat debarkasi pasukan setelah tiba ditujuan, ketiga KRI jenis Landing Ship Tank ini berkoordinasi dengan satuan atau dinas kesehatan setempat untuk melaksanakan pengecekan kondisi para prajurit Satgas dan awak KRI.
Para prajurit KRI yang mengawaki pun menjalani Rapid Test sebagai langkah antisipasi apabila ada indikasi dari mereka terjangkit virus covid 19 atau tidak.
Panglima Kolinlamil mengatakan penghargaan diberikan sebagai pengakuan dan wujud penghormatan kepada para prajurit yang secara obyektif dinilai layak untuk menerimanya.
“Pemberian penghargaan kepada 3 KRI atas keberhasilannya dalam menerapkan protokol kesehatan dalam operasi dukungan angkutan laut satgas pengamanan perbatasan. Ketiganya dianggap berhasil mencegah terjadinya penularan virus covid 19 baik bagi awak KRI maupun para prajurit satgas” jelas Panglima Kolinlamil.
Keberhasilan tiga KRI Kolinlamil dalam penerapan protokol kesehatan selama melaksanakan tugas operasi harus dijadikan contoh positif bagi seluruh prajurit Kolinlamil khususnya yang bertugas di KRI.
Inilah yang Panglima Kolinlamil ingin menunjukan dan memberikan teladan kepada masyarakat TNI/TNI AL (Kolinlamil) sebagai yang terdepan dalam menerapkan protokol kesehatan agar wabah yang sudah mewabah selama 6 bulan ini dapat terputus mata rantainya.
“Keberhasilan tersebut juga merupakan tolak ukur pembinaan prajurit dan wujud kerja keras para prajurit. Para prajurit berhasil melaksanakan tugas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ini merupakan prestasi yang membanggakan” tutur Panglima Kolinlamil.
Untuk itu, ia meminta agar seluruh prajurit Kolinlamil terus menjaga dan mendukung penuh anjuran yang ditetapkan oleh pemerintah dalam percepatan pencegahan ancaman Covid-19, dengan menjadi yang terdepan dalam pelaksanaan protokol kesehatan.
Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kolinlamil juga memberikan penghargaan kepada 2 prajurit dan 1 PNS Kolinlamil yang berhasil meraih juara ke-3 dalam lomba cerdas cermat Pancasila tingkat kotama TNI AL wilayah Jakarta tahun 2020.
Turut hadir dalam apel khusus Kepala Staf Kolinlamil, Irkolinlamil, Kelompok Staf Ahli, para Asisten, Komandan Satlinlamil Jakarta, Kasatker/Kadis dan Komandan KRI yang berada di Pangkalan Jakarta. (Benny PS/Dispen Kolinlamil)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pojok Update

Android

Download Aplikasi android: