Select Page

KRI BANDA ACEH 593 LINTAS LAUT MENUJU PERBATASAN PAPUA DUKUNG SATGAS PAMTAS MOBIL

KRI BANDA ACEH 593 LINTAS LAUT MENUJU PERBATASAN PAPUA DUKUNG SATGAS PAMTAS MOBIL
WI I Jakarta,-
Satya Wira Jala Dharma. Salah satu kapal perang andalan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang dijuluki “Sea Warrior” tengah lintas laut menuju Papua untuk menurunkan pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) mobil dari batalion TNI AD.Jumat 30 Oktober2020.
KRI Banda Aceh 593 sempat singgah di Makassar, Selasa (27/10) untuk embarkasi Batalion Infanteri 700 Raider Wira Yudha.
Pemberangkatan Batalion Infanteri Raider 700  Wira Yudha Sakti  digelar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar dengan upacara militer dipimpin Pangdam XIV Hasanudin Mayjen TNI Andi sumangerukka.
Selain juga untuk bekal ulang, kapal Landing Platform Docking (LPD) ini memberangkatkan 450 prajurit berikut kendaraan taktis dan truk serta material pasukan lainnya.
Komandan KRI Banda Aceh 593 Letkol Laut (P) Mochammad Achnaf mengatakan kapalnya mendukung Satgas Pamtas mobile dari Yonif 310 Kidang Kencana dan Yonif 700 Raider Wira Yudha yang akan bertugas selama 6 bulan di perbatasan Papua.
“Sea Warrior saat ini berada diperairan Timur Indonesia menuju Papua dan akan menurunkan 2 batalion pasukan raider TNI AD. Pelayaran dalam kondisi lancar dan aman. Cuaca masih dapat dilalui dengan baik. Personel KRI dan prajurit yang on board dalam kondisi sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai ketetapan pemerintah” jelas alumni AAL angkatan 47 ini.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) menyatakan sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. agar meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan sistem senjata armada terpadu yang memiliki daya gerak dan gempur yang tinggi.
“Sesuai perintah harian Kasal, maka unsur-unsur KRI Kolinlamil yang merupakan bagian dari SSAT TNI AL harus selalu dalam kondisi yang siap siaga melaksanakan operasi. Oleh karena itu sesuai tugas pokok Kolinlamil yang mendukung pasukan TNI AD dalam tugas pengamanan perbatasan, maka sudah seharusnya memiliki daya gerak dan gempur yang tinggi” tegas Panglima Kolinlamil.
Sementara itu KRI Banda Aceh 593 berlayar dari Makassar menuju Papua sejauh 1114 nautical mile dengan lama pelayaran 5 hari 5 jam. (Benny P Silalahi/Dispen Kolinlamil)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pojok Update

Android

Download Aplikasi android: