Select Page

7 Wisata Kuliner Paling Direkomendasikan Yang Wajib Dikunjungi Saat ke Bandung

7 Wisata Kuliner Paling Direkomendasikan Yang Wajib Dikunjungi Saat ke Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota wisata andalan di Indonesia. Itulah sebabnya, Bandung selalu menyuguhkan konsep tempat liburan terbaik dan unik. Kota Paris van Java ini tidak hanya menghadirkan kawasan rekreasi yang menarik, tetapi juga aneka ragam wisata kuliner. Mulai dari masakan tradisional hingga internasional, semua jenis wisata kuliner tersedia di Bandung. Soal rasa, jangan ditanya lagi, kuliner Bandung senantiasa menawarkan kelezatan yang tak terlupakan.

Penasaran dengan aroma dan cita rasa kuliner Bandung? Berikut ini tersaji tujuh tempat kuliner Bandung yang wajib Anda cicipi. Yuk, simak!

1. Sapulidi Lembang

Informasi-wisata.com

Memiliki Slogan “back to nature” yang juga sekaligus memelopori berdirinya kawasan kuliner Sapulidi Lembang. Dengan mengangkat konsep suasana pedesaan di pegunungan, Sapulidi berhasil menyita perhatian publik. Hampir setiap hari, tempat kuliner Bandung yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri.

Sapulidi Lembang menawarkan gaya baru dalam bersantap. Di sana Anda akan menikmati aneka makanan di saung bambu atau bale. Saung tersebut dibangun di dua lokasi berbeda. Ada yang didirikan dekat danau, ada juga beberapa yang terletak di area persawahan. Antar saungnya dihubungkan dengan jalan setapak dari bebatuan, dan sepanjang jalan itu terdapat pepohonan dan hamparan rumput hijau sehingga sangat terasa alami.

Untuk memesan makanan, Anda harus memukul kentong di saung bambu. Cukup dua kali pukul, pelayan akan datang membawakan menu. Semua jenis kuliner lezat tersedia di Sapulidi. Ramuan nenek sihir, sapulidi punch, dan sate ayam edan, merupakan beberapa contoh makanan andalan yang dibanderol dengan harga terjangkau di tempat kuliner ini. Selain itu, tersedia juga masakan khas Sunda, Jawa, hingga internasional.

2. Batagor Riri

Foto : tempatwisatadibandung.info

Batagor merupakan kuliner asli Kota Bandung. Hidangan ini berupa bakso tahu goreng yang dipotong-potong dan dihidangkan dengan bumbu kacang. Di Bandung, salah satu kedai batagor yang cukup terkenal adalah Batagor Riri.

Berlokasi di Jalan Burangrang no 41, kedai batagor ini menyediakan menu batagor ikan tengiri dengan cita rasa yang gurih dan lezat. Ditambah dengan siraman bumbu kacangnya yang khas, sensasi nikmat dan perpaduan rasa yang pas pasti akan dirasakan saat menikmati seporsi Batagor Riri. Bukan hanya batagor saja, di kedai ini Wargi Bandung juga bisa mencicipi aneka menu lainnya, seperti siomay, bubur ayam, serta aneka jus buah.

3. Mie Kocok Mang Dadeng

Foto : KSMTour.com

Mie Kocok Mang Dadeng merupakan salah satu tempat makan mi kocok legendaris yang ada di Bandung. Berlokasi di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) no 67, mi kocok yang sudah dijajakan sejak tahun 1970 ini memiliki ciri khas bumbu spesial yang diracik menggunakan 27 macam rempah-rempah rahasia keluarga. Karenanya, tak heran jika mi kocok yang disajikan memiliki cita rasa yang nikmat dan pecah di lidah.

Tak hanya itu saja, untuk menjaga kehangatan dan kualitas kuahnya, Mie Kocok Mang Dadeng juga menggunakan api dari bara arang untuk menghangatkan kuah mi kocok. Proses pengolahan kaki dan tulang sapi pun dilakukan dengan cara yang berbeda. Setelah direbus selama empat jam, rebusan kemudian ditambahkan daun salam dan jahe untuk menghilangkan bau anyir tulang dan menambah kenikmatan kaldunya.

4. Kampung Daun

Foto : pegipegi.com

Ingin menikmati dinner romantis? Kampung Daun menghadirkan restoran bertema cafe and culture gallery. Saat malam hari, kawasan wisata kuliner Bandung ini akan diterangi lampu dan obor di tepi jalan setapak. Nuansanya tradisional, hening, nyaman, dan berhawa sejuk dengan tempat makan didesain dalam bentuk saung bambu dengan konsep lesehan.

Di bagian depan Kampung Daun, terdapat beragam jajanan zaman dahulu, antara lain dodol, gulali, dan kembang gula. Selain itu, ada pameran permainan tradisional yang akan mengingatkan Anda pada masa kecil era 90-an. Jika ingin membeli oleh-oleh khas Bandung, Anda bisa mengunjungi galeri suvenir.

Menu yang disuguhkan di tempat wisata kuliner Bandung ini cukup beragam, antara lain masakan khas Indonesia, western, Italia, dan aneka makanan ringan. Penyajian makanan dilakukan dengan dua cara, yaitu modern dan tradisional. Harga kulinernya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 saja. Anda bisa menyambangi tempat kuliner Bandung ini dari pukul 11.00 sampai 23.00 waktu setempat.

5. Atmosphere Resort Cafe

Foto : Xplora.id

Atmosphere Resort Cafe merupakan restoran bergaya Bali dan Sunda yang bertempat di jantung Kota Bandung. Berlokasi hanya 15 menit dari alun-alun, tempat wisata kuliner Bandung ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Konsep bersantap di saung dan gazebo merupakan fasilitas istimewa yang sulit Anda nikmati di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat makan karena kafe ini mampu menampung lebih dari 600 orang sekaligus.

Harga makanan dan minuman di kafe Atmosphere cukup terjangkau. Untuk makanan utama, harganya mulai dari Rp50.000 saja. Sementara harga makanan penutup mulai dari Rp20.000. Tidak ketinggalan, aneka jus, es krim, dan cokelat disajikan dengan rasa yang khas. Kalau tidak mau ribet, Anda bisa memesan paket kuliner Bandung yang terdiri dari lima jenis masakan. Cukup dengan membayar Rp40.000 sampai Rp70.000, paket tersebut sudah dapat dicicipi.

Menariknya, Atmosphere Cafe juga menyuguhkan televisi raksasa untuk acara menonton bersama. Jika membutuhkan akses internet cepat, Anda bisa memanfaatkan jaringan nirkabel secara gratis.

6. Yoghurt Cisangkuy

Foto: kuliner.panduanwisata.id

 

Kuliner Bandung tidak hanya urusan makanan. Yoghurt Cisangkuy adalah salah satu kuliner Bandung dalam bentuk minuman unik. Tidak sedikit yang datang ke Bandung untuk memburu minuman legendaris ini. Konon, sejak tahun 1976, Yoghurt Cisangkuy memang sudah berhasil menjadi pelepas dahaga andalan. Rasanya tidak asam, melainkan manis dan segar. Anda bisa menemukan tempat kuliner Bandung ini di Jalan Cisangkuy, Bandung.

Lokasinya strategis, nyaman, dan memiliki fasilitas lengkap. Area parkir di sana juga cukup luas sehingga Anda tidak perlu berdesakan saat memarkirkan kendaraan. Ada sebuah taman membentang di dalam kafe yang dilengkapi dengan berbagai sarana bermain, seperti becak kecil dan kuda. Kursi dan meja kafe juga tertata rapi dengan payung berbentuk joglo.

Hanya dengan mengeluarkan uang Rp20.000, Anda sudah bisa meneguk segelas yoghurt nikmat kebanggaan Bandung. Potongan buah dan sirup di dalam yoghurt akan memberikan sensasi rasa yang berbeda. Anda bisa memilih dari banyak varian rasa yang ada, seperti misalnya anggur, stoberi, apel, dan leci. Ada pula rasa cokelat yang akan membuat lidah tidak bisa berhenti mengecap manisnya.

7. Bale Gazebo

Jika Anda mampir ke Gedung Sate Bandung, sempatkan juga untuk makan di Bale Gazebo. Restoran modern ini menyajikan beragam masakan Sunda, dan meskipun berlokasi di pusat kota Bandung, desain interiornya dibalut dengan gaya tradisional Indonesia. Area makan di sini dibuat lesehan dengan meja berbahan kayu. Makanan pun dihidangkan menggunakan tampah, daun pisang, atau di wadah anyaman bambu sehingga akan sangat terasa sekali suasana tradisionalnya.

Foto: indotravelers.com

Bagi penggemar nasi timbel dan tutug oncom, tempat wisata kuliner Bandung ini menyediakan kemasan dalam daun pisang dengan lauk lengkap berbumbu khas Sunda. Selain itu, terdapat menu nasi liwet kastrol, aneka olahan gurami, dan sayuran yang menyegarkan. Untuk ragam olahan nasi, tersedia tiga pilihan, yaitu komplet, polos, dan spesial.

Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam saat bersantap di Bale Gazeebo. Harga makanannya mulai dari harga Rp6.500 sampai dengan Rp40.000 per porsi. Bahkan, menu nasi timbel spesial ditawarkan dengan harga Rp38.500 saja untuk satu porsi.

 

 

About The Author

Red

Redaktur Pelaksana Tlpn/WA : 08888917522 / 085261780596 email: redaksi@wahanaindonesia.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: