Select Page

Akun Kolinlamil Sosialisasikan Mekanisme Anggaran Lingkungan TNI AL 2021

Akun Kolinlamil Sosialisasikan Mekanisme Anggaran Lingkungan TNI AL 2021
WI I Jakarta,-
Satya Wira Jala Dharma.   Tim Akun Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan Sosialisasi langkah – langkah mekanisme pengajuan anggaran dilingkungan TNI AL tahun 2021, yang dipimpin oleh Kepala Akun Kolinlamil Mayor Laut (S) Gandono Putro, S.E., M.Tr (Opsla) di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (28/1).
Sosialisasi ini dihadiri Para pemegang UUDP dan seluruh juru bayar di jajaran Kolinlamil.
Kepala Akun Kolinlamil mengatakan bahwa sosialisasi dilaksanakan berdasarkan surat kepala KPPN Jakarta 4 No-252/WPB.12/KP.04/2021, untuk pengajuan anggaran dengan nilai dibawah 1 milyar harus melalui  menggunakan TUP ( tambahan uang persediaan), kemudian langkah langkah untuk pelaksanaan TUP supaya tidak terjadi keterlambatan pembayaran.
“Berdasarkan surat edaran tersebut maka kami anggap perlu bagi seluruh pemegang UUDP mengetahui langkah-langkah dan mekanisme apa saja yang harus dilengkapi saat mereka mengajukan anggaran. Sehingga akan mempermudah proses pencairan nanti jika semua berkas telah lengkap. Selain itu sosialisasi ini juga berperan penting, untuk mempercepat daya serap anggaran di lingkungan Kolinlamil “, tandas Ka Akun Kolinlamil.
Kepala Akun Kolinlamil menjelaskan mekanisme pengajuan anggaran tahun 2021 jika bendahara pembantu pengeluaran (BPP) satuan kerja mengirimkan rencana penarikan dana (RPD) kepada Akun setiap bulan untuk pertanggungjawaban keuangan (Wabku) yang akan diajukan pada bulan berikutnya.
Pada bulan yang sama berdasarkan RPD dari BPP satker Akun memintakan dana kepada KPPN, dengan harapan Wabku masuk dana sudah tersedia di Akun dan bisa dibayarkan sesuai dengan RPD yang dibuat BPP Satker.
Alumni AAL tahun 2003 ini menekankan kepada BPP Satker untuk tepat waktu dalam pengiriman RPD dan Wabku/PJK pada tiap triwulan sesuai anggaran Satker masing masing.
Ia juga menambahkan bahwa timeline pengajuan RPD, kartu pengawasan kontrak dan format pengajuan RPD satker setiap bulan terlampir.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr (Opsla) mengimbau jajaran keuangan dilingkungan Kolinlamil untuk mengikuti dan menyesuaikan pelaksanaan anggaran dengan mekanisme yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan yang dilaksanakan melalui KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara). (Benny PS/Dispen Kolinlamil)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *