Select Page

Mahasiswa KKN BK PO045 Unimal Buat Kelas Belajar Gratis Setiap Hari

Mahasiswa KKN BK PO045 Unimal Buat Kelas Belajar Gratis Setiap Hari

Aceh Utara, Pandemi Covid terjadi sejak akhir tahun 2019. Sejak pandemic, tidak hanya kalangan orang dewasa yang terdampak, tetapi juga anak-anak. Desa Ujung Gading, Kecamatan Sihapas Barumun, Kabupaten Padang Lawas merupakan salah satu desa kecil di provinsi Sumatera Utara. Awal pandemic, anak-anak masih bersekolah sekali seminggu.

Namun sejak November 2020, anak-anak tidak lagi diperbolehkan bersekolah. Tidak ada pembelajaran secara daring maupun dalam bentuk lainnya.

Sejak adanya pandemic, Universitas Malikussaleh membuka beberapa skema KKN yang memudahkan mahasiswanya. Juli Ana Hasibuan seorang mahasiswi Agribisnis Unimal angkatan 2017 dengan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu ibu Dr.Khairunnisa Z,M. BIOMED memilih salah satu skema KKN yaitu KKN BK ( Balik Ke Kampung). KKN BK bisa dilakukan perorangan.

Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengabdi dan memberikan kontribusi untuk kampung asalnya sendiri.

Program yang dibuat oleh Juli Ana Hasibuan adalah “Mengajar di Desa”. Program ini dibuat berdasarkan keluhan dari masyarakat terutama para orang tua di desa Ujung Gading yang merasa resah karna anak-anak mereka sama sekali tidak bersekolah dan setiap hari mereka hanya bermain game. Maka dibuatlah program “Mengajar di Desa” ini.

“Belajar Agama Setiap Hari Jum’at, Program mengajar di Desa bertujuan memberikan aktivitas yang postif bagi anak-anak di desa. Kegiatan belajar ini juga memiliki jadwal yang teratur yaitu hari Senin belajar mewarnai dan juga menggambar, hari selasa belajar bahasa Inggris,

Rabu belajar berhitung dan membaca, Kamis melakukan kegiatan menanam, Jum’at belajar agama seperti menonton video tentang keteladanan Rasul, belajar shalat, dan mengaji, kemudian hari Sabtu yaitu melatih kreativitas seperti membuat kerajinan tangan.” sebut Juli Ana Hasibuan

Membuat Kerajinan Tangan untuk Melatih Kreativitas Anak, Program ini dibuka secara gratis. Setiap anak yang datang untuk belajar tidak diwajibkan menyiapkan keperluan selama belajar karna disediakan oleh mahasiwi KKN. Sejauh ini para orang tua sangat menyambut baik program ini.

Anak-anak juga senang dengan adanya program ini karena proses belajarnya yang tidak kaku, melainkan seru dan menyenangkan. (Red/JAH)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pojok Update

Android

Download Aplikasi android: