Select Page

BPBD, Komunitas dan Masyarakat di Pidie Jaya Peringati HKBN dengan Simulasi Gempa

BPBD, Komunitas dan Masyarakat di Pidie Jaya Peringati HKBN dengan Simulasi Gempa

Wahana Indonesia. com. Meureudu, Pidie Jaya. -Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pidie Jaya bersama komunitas reaksi cepat bencana se-kabupaten Pidie Jaya serta masyarakat dan siswa-siswi melaksanakan simulasi gempa dan bencana bertempat di lapangan kabupaten setempat, 26 April 2019.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diawali dengan Apel Simulasi Hotel Aman Bencana yang dihadiri oleh Perwakilan TNI, Kepolisian,  Pejabat dilingkungan Pemda Pidie Jaya, Basarnas Pidie Jaya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah , Dinas Pemadaman Kebakaran Pidie Jaya,  Palang Merah Indonesia, PKPA, PSC, FAMe Pidie Jaya, Tagana Pidie Jaya, RAPI, BNN Pidie Jaya, Pramuka serta ratusan siswa-siswa SD, SMP dan SMA sederajat.

Tepat pukul 09.50 WIB kegiatan simulasi dimulai ditandai dengan bunyi sirene dengan nada panjang oleh pengawas simulasi dari BPBD Pidie Jaya dengan nada panjang  yang menandakan peringatan dini gempa dengan melakukan penyelamatan diri masing-masing selama gempa berlangsung kemudian usai kejadian gempa dilanjutkan dengan kepanikan dari masyarakat tanda dimulainya simulasi.

Proses evakuasi korban tersebut berlangsung cepat kepada korban yang mengalami luka dan sesak kemudian dilanjutkan dengan penanganan darurat oleh awak medis dan ambulance utnk dibawa ke Rumah sakit terdekat. selesai simulasi dilanjutan dengan upacara peringatan hari kesiapsiagaan bencana nasional yang juga diikuti oleh komunitas serta para siswa-siswi tadi.

“Pelaksanaan simulasi ditandai dengan membunyikan sirene, dan kita titik beratkan tema peringatan HKBN 2019 ini dengan mari mewujudkan kesiapsiagaan diri, keluarga dan komunitas untuk menciptakan budaya sadar bencana.” Ujar Sekda, Pidie Jaya, Abdurrahman Puteh dalam amanatnya mewakili Bupati Pidie Jaya. (***)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: