Select Page

Menteri Perindustrian Resmikan Smelter PT VDNI Morosi

Menteri Perindustrian Resmikan Smelter PT VDNI Morosi

WI | Sulawesi Tenggara,- Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto meresmikan smelter nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin, 25 Februari 2019.

Menurut dia, smelter ini dinilai berperan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Lantaran sejalan dengan program peningkatan nilai tambah sumber daya alam.

“Pemerintah berkomitmen melaksanakan kebijakan hilirisasi industri, karena mampu meningkatkan nilai tambah sumber daya alam di dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal dan penerimaan devisa dari ekspor,” ujar Airlangga Hartanto di lokasi.

Dia menjelaskan, PT VDNI telah merealisasikan investasinya sebesar US$1,4 miliar untuk membangun 15 tungku Rotary Kiln-Electric Furnace (RKEF). Dengan total kapasitas produksi bisa mencapai 800 ribu metrik ton per tahun untuk menghasilkan Nickel Pig Iron (NPI) yang memiliki kadar nikel 10-12 persen.

“Kami menyambut baik proyek ini, apalagi akan dilanjutkan menjadi industri yang terintegrasi dan menghasilkan stainless steel berkelas dunia,” katanya.

PT VDNI telah memberikan kontribusi cukup signfikan terhadap pertumbuhan nilai ekspor nasional, yang menyumbang sebesar US$142,2 juta hingga akhir tahun 2018 dari pengapalan produk NPI.

Ia menambahakan, smelter dengan luas area 700 hektare tersebut menjadi salah satu fasilitas pemurnian bijih nikel terbesar di Indonesia. Untuk diketahui, bahwa PT VDNI adalah anak perusahaan Jiangsu Delong Nickel Industry Co., Ltd, produsen feronikel skala internasional.

Presiden Direktur PT VDNI, Min Dong Zhu bertekad untuk menjadi industri smelter atau pengolahan hasil tambang terbesar di Indonesia dan berkelas dunia di masa mendatang.

“Fasilitas ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif terhadap pembangunan dan kemajuan Sulawesi Tenggara pada khususnya serta umumnya bagi kemajuan Indonesia,” ujar Min.

About The Author

Red

Redaktur Pelaksana Tlpn/WA : 08888917522 / 085261780596 email: redaksi@wahanaindonesia.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: