WahanaIndonesia.com | Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Gelar Stadium General di Aula Fakultas setempat, Kamis (13/9/2018).

Stadium dengan mengangkat tema Nuruddin Ar-Raniry : Cendekiawan Lintas Zaman, dihadiri 60 peserta dari berbagai jurusan kampus setempat.

Ketua pelaksana, Dede Adistira dalam kata laporannya mengatakan kegiatan ini dirasa penting untuk mengingat kembali sejarah peradaban islam yang tak terlepas dari dakwah para ulama terdahulu.

Ia menambahkan bahwa kegiatan yang di gelar ini merupakan “Stadium General sejarah peradaban Islam Aceh pertama yang di adakan DEMA Fdk UIN Ar Raniry” kata Dede, (13/9) Pagi.

Ketua DEMA FDK, M. Rafsanjani dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mensukseskan Dakwah Expo berupa internasional islamic manuskrip di fakultas dakwah .

“Sejarah Ar-Raniry harus kita telusuri dan kita pelajari untuk mengetahui sejarah islam apa lagi kita mahasiswa UIN Ar -Raniry.” ujar Rafsan.

Turut hadir Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Fakhri M.A dalam membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan Stadium General ini untuk merefleksi kembali sejarah Nuruddin Ar-Raniry.

Nilai nilai sejarah ini jangan sampai lupa.
Kita masih kurang mata kuliah tentang sejarah peradaban islam.

Kegiatan ini merupakan bentuk simpatik dengan ulama islam “Orang islam kalau tidak belajar sejarah itu tidak sempurna keislamannya” pungkas Fakhri.

Ia berharap ada kegiatan-kegiatan lain membahas ulama-ulama Islam lainnya, “mungkin di kegiatan selanjutnya tentang Hamzah Fansuri dan selanjutnya Abdul Rauf Assingkili atau ulama-ulama Sumatera lainnya” harap Fakhri.

Selanjutnya materi yang di sampaikan oleh Direktur Rumoh Manuskrip Aceh, Tarmizi Abdul Hamid yang kerap di sapa cek midi, ia juga sebagai seorang kolektor sejarah. (Afrizal)