Select Page

KOLINLAMIL KINI PUNYA SATU UNIT PERALATAN LABORATORIUM PCR MOBILE

KOLINLAMIL KINI PUNYA SATU UNIT PERALATAN LABORATORIUM PCR MOBILE
WI I Jakarta, 20 Februari 2021
 Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menerima penyerahan satu unit laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) mobile dari Markas Besar TNI Angkatan Laut yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Jumat (19/2). Peralatan yang di terima tersebut terdiri dari
Dua unit kendaraan dengan rincian satu unit mobil laboraturium dan satu unit mobil pendingin – 20 derajat.
Penyerahan simbolis dilakukan oleh Kasubdis Fasjasang Dinas Fasilitas Pangkalan (Disfaslan) Mabesal Kolonel Laut (T) Hotdi Sinaga kepada Asisten Logistik (Aslog) Pangkolinlamil Kolonel Laut (T) Al Imron.
Nantinya, mobil lab PCR ini akan digunakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kolinlamil dalam rangka meningkatkan jumlah pengetesan massif di jajaran Kolinlamil.
Bantuan mobil PCR ini merupakan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam penanganan penanggulangan covid 19 dilingkungan TNI AL.
Contact tracing (pelacakan kontak erat) dan pengetesan masif adalah kunci penanggulangan COVID-19 dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau the new normal.
“Kami sangat berterima kasih atas bantuan (mobil lab COVID-19) dari Mabesal. Dengan bantuan (mobil lab), akan kita serahkan kepada Diskes Kolinlamil yang akan terfasilitasi dalam melaksanakan pengetesan metode PCR,” ujar Aslog Panglima Kolinlamil.
Peralatan mobil lab PCR tersebut dilengkapi Bio Safety Cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi oleh HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya sesuai standar WHO.
Setelah penyerahan dilapangan parkir, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis di Gedung Laut Nusantara.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Mabesal. Dengan adanya fasilitas mobil untuk penanganan covid 19 tersebut, akan lebih meningkatkan mobilitas dalam memerangi wabah covid 19 yang masih terjadi.
“Semoga dengan adanya dua unit mobil laboraturium PCR ini, akan lebih meningkatkan mobilitas penanganan covid 19 dilingkungan Kolinlamil khususnya dan masyarakat sekitar Kolinlamil.
Dan membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan covid 19” tandas Panglima Kolinlamil.(Benny PS/Dispen kolinlamil)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *