Select Page

PT. Gudang Pompa Surya Bersinergi Menuju Energi Bersih Untuk Negeri

PT. Gudang Pompa Surya Bersinergi Menuju Energi Bersih Untuk Negeri

WI | Jakarta, – Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya tidak terkecuali bidang energi, dalam hal ini pemerintah terus menerus menggalakkan pengembangan mendapatkan energi guna mensuplai kebutuhan energi di Indonesia. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong penggunaan energi bersih, baik untuk proyek kelistrikan maupun transportasi dengan target pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk kelistrikan Indonesia.

PT. Gudang Pompa Surya (GPS) yang berlokasi di Kota Bekasi adalah salah satu sebuah perusahaan Engineering, Procurement, Contruction (EPC) yng bergerak di bidang energi baru terbarukan, khususnya energi pembangkit listrik tenaga surya dan pompa air tenaga surya, serta merupakan Premier Sale and Service Partner Lorentz Germany (perusahaan pompa air tenaga surya dari jerman).

Rofiq selaku pimpinan PT. GPS mengatakan dihadapan awak media, bahwa perusahaannya juga membantu petani menemukan solusi, bagaimana membuat irigasi pertanian berbasis energi tenaga surya. Hal ini tentunya sangat membantu petani dalam mendistribusikan air di lahan pertaniannya. Dan tentunya alat kami ini sangatlah ramah lingkungan.

“Mengapa sistem pompa air tenaga surya menjadi ideal untuk irigasi pertanian? Tentu kami telah memikirkan dan memperhatikan beberapa hal yang dapat membantu, serta akan meringankan beban para petani di negeri Indonesia ini.” tegas Rofiq.

Sistem pompa tenaga surya ini memang memiliki beberapa keidealan bagi para petani dalam menjalankan pertanian. Beberapa keidealan itu salah satunya, yaitu tidak membutuhkan biaya operasional untuk penyedian Bahan Bakar Minyak (BBM), oli, dan tenaga operator. Selain itu, sistem pompa tenaga surya bekerja selama 8 jam perhari selama 7 hari seminggu.

Sistem pompa tenaga surya tersebut juga menjamin pasokan air yang stabil ke lahan pertanian. Ramah lingkungan, dan yang paling bermanfaat dari sistem pompa tenaga surya itu adalah dimana tenaga listrik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan/dikembangkan untuk menggerakan mesin perontok padi saat panen. Selain pompa tenaga surya, PT. GPS juga merupakan distributor INVT Solar Pumps Inverted dan agen panel surya ICA SOLAR.

Indonesia saat ini memang membutuhkan energi-energi yang ramah lingkungan, yang tidak menimbulkan bahaya bagi penduduk Indonesia itu sendiri. Untuk itu, pemerintah terus mengupayakan perluasan penggunaan energi listrik khususnya yang berasal dari energi baru terbarukan (EBT), dimana dengan EBT ini kita dapat menciptakan Negeri yang memiliki energi yang bersih. (IF)

About The Author

I. F. Donne

Penulis lahir di Jakarta. Penulis adalah lulusan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra. Penulis pernah aktif di berbagai komunitas sastra di Jakarta. Beberapa karya penulis, diantaranya; Novel ‘Alinea Terakhir Kheista’, Serampai Cerpen ‘Soejinah’ dan ‘Dunia Luka’. Buku antologi puisi bersama sastrawan-sastrawati. Diantaranya Buku antologi puisi Empat Amanat Hujan (Bunga Rampai Puisi Komunitas Sastra DKJ), Kerlip Puisi Gebyar Cerpen Detak Nadi Sastra Reboan, Kitab Radja dan Ratoe Alit, Antologi Fiksi Mini, dan beberapa puisinya juga dimuat di majalah Story. Penulis juga sudah memiliki dua buku antologi cerpen bersama beberapa penulis, yaitu Si Murai dan Orang Gila (Bunga Rampai Cerpen Komunitas Sastra DKJ) dan Kerlip Puisi Gebyar Cerpen Detak Nadi Sastra Reboan. Beberapa judul cerpennya pernah memenangkan lomba tingkat nasional, diantaranya berjudul, Sepuluh Jam mendapatkan juara 2 di LMCPN (Lomba Menulis Cerpen Pencinta Novel), Randu & Kematian pada tahun 2011 dan Selongsong Waktu pada tahun 2013 mendapatkan juara harapan kategori C di Lomba Menulis Cerpen Rotho - Mentholatum Golden Award. Penulis juga aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan, seni dan budaya. Aktifitas yang dijalani penulis saat ini adalah menjadi jurnalis di media online Wahana Indonesia.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: