Select Page

Internalisasi Core Values AKHLAK, Pelindo IV Gandeng ACT Consulting

Internalisasi Core Values AKHLAK, Pelindo IV Gandeng ACT Consulting
WI I  MAKASSAR,-
PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bersama PT Arga Bangun Bangsa (ACT Consulting) melakukan penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) tentang Sinergi Transformasi Corporate Culture dan Human Capital Development. 13 Agustus 2020.
Penandatanganan MoC tersebut dilakukan oleh Direktur SDM PT Pelindo IV, M. Asyhari bersama Direktur Utama PT Arga Bangun Bangsa (ACT Consulting), Luki Alamsyah, serta disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi dan Presiden Direktur PT Arga Bangun Bangsa (ACT Consulting), Ary Ginanjar Agustian beserta jajaran direksi dari kedua perusahaan di Kantor Perwakilan PT Pelindo IV di Jakarta, Selasa (11 Agustus 2020).
Dalam sambutannya, Direktur Utama Pelindo IV, Prasetyadi menyampaikan beberapa harapan dalam pelaksanaan program Corporate Culture, khususnya program internalisasi Core Values AKHLAK.
“Agar dilaksanakan secara berkesinambungan dan dibuatkan strategi-strategi implementasi budaya,” kata dia.
Di samping itu lanjut Dirut Pelindo IV, internalisasi dan implementasi budaya agar diukur setiap tahunnya, sehingga ada gambaran pemahaman AKHLAK dan dapat dievaluasi. Jadi betul-betul membudaya dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari.
Prasetyadi menambahkan, transformasi culture ini akan berjalan beriringan dengan transformasi bisnis, sehingga dapat meningkatkan performance perusahaan.
Direktur SDM Pelindo IV, M. Asyhari menambahkan, sejalan dengan arahan Dirut Pelindo IV, Prasetyadi bahwa penandatanganan MoC ini merupakan tindak lanjut konkrit dari komitmen Perseroan dalam menindaklanjuti Surat Edaran Menteri BUMN, Erick Thohir, Nomor : SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Nilai-Nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.
“Perseroan secara sungguh-sungguh akan mengimplementasikan core values AKHLAK tersebut kepada seluruh insan Pelindo IV yang ada di seluruh wilayah kerja, sehingga tidak ada lagi value yang lain kecuali satu, yaitu core values AKHLAK,” jelas Asyhari.
Menurutnya, penandatanganan MoC ini juga merupakan kelanjutan dari Sosialisasi AKHLAK di lingkungan Pelindo IV yang telah dilaksanakan pada 21 Juli 2020, yang dirangkai dengan pembacaan deklarasi dan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen AKHLAK, kemudian launching Waroenk AKHLAK, di mana ruang lingkup MoC ini meliputi ; Awareness & Understanding Corporate Culture, Buy In Corporate Culture, Ownership Corporate Culture, Pengukuran budaya, Alignment program Human Capital Development dan Pelatihan atau training terkait Pengembangan Character Building.
Sementara itu, Presiden Direktur PT Arga Bangun Bangsa (ACT Consulting), Ary Ginanjar Agustian mengatakan bahwa semakin rendah culture maka semakin buruk performance sebuah perusahaan, begitupun sebaliknya.
“Komitmen leadership sebagai role model merupakan salah satu kunci sukses dalam implementasi transformasi budaya, 45% Insya Allah akan berhasil dengan tambahan dukungan sistem. Apabila values ini sudah resmi maka ini akan menjadi rujukan dalam perekrutan, promosi, komunikasi, operasional, sehingga akan menjadi jangkar,” paparnya.
Dia berharap, dengan kerja sama ini maka proses sinergi transformasi culture AKHLAK akan sampai pada tahap ownership yang sejalan dengan harapan Kementerian BUMN untuk implementasi budaya, khususnya di lingkungan PT Pelindo IV. (Benny P Silalahi)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: