Select Page

UJI KEMAMPUAN FISIK, PRAJURIT GARJAS

UJI KEMAMPUAN FISIK, PRAJURIT  GARJAS
WI I  Jakarta, –
Satya Wira Jala Dharma. Untuk mengetahui seorang prajurit siap ditugaskan di satuan salah satunya dengan sehatnya jasmani. Oleh Karena itu, prajurit jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya diwajibkan mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjas). Uji kemampuan fisik prajurit Satya Wira Jala Dharma ini berlangsung di Gelanggang Perkasa, Mako Satlinlamil Surabaya, Jumat (12/9).
Dalam kegiatan ini secara bertahap diikuti jajaran Satlinlamil Surabaya mulai staf Mako hingga unsur-unsur KRI yang jumlahnya mencapai 910 orang. Untuk tahap awal ini diikuti 300 personel staf Mako Satlinlamil Surabaya.
Kegiatan Garjas ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 6 bulan sebagai salah satu bentuk uji kemampuan dan kesiapan prajurit dalam menjaga fisiknya. Dan tes kesegaran jasmani ini juga dimaksudkan untuk memelihara kesiapan fisik prajurit antara lain dalam menghadapi tugas-tugas operasi KRI yang membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang prima.
“Tes kesegaran jasmani merupakan tolak ukur bagi para pemimpin untuk menilai kesiapan para prajurit dalam setiap penugasan di satuan kerja baik unsur KRI maupun pendirat,” kata Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar.
Menurutnya penting bagi pimpinan untuk memperhatikan pola pembinaan personel sehingga setiap prajurit mempunyai kesiapan fisik dalam pelaksanaan tes kesegaran jasmani tersebut.
Apalagi, kata dia, melihat materi tes kesegaran jasmani yang wajib dilaksanakan tidaklah mungkin dapat diikuti seorang prajurit menyiapkan fisiknya hanya dalam waktu yang singkat. “Sehingga latihan secara teratur dan berkesinambungan menjadi agenda penting untuk dapat mencapai kualitas yang diharapkan,” ujarnya.
Dalam melaksanakan tes ini ada dua macam kegiatan yang diikuti yaitu samapta “A” berupa lari dan samapta “B” yang terdiri dari pull up, sit up, push up dan shuttle run. (Benny P

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: