Select Page

Bahaya Rokok yang Menghantui Kita

Bahaya Rokok yang Menghantui Kita

Oleh Cut Ricky Firsta Rijaya
(Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh, aktif di IMM)

Di Indonesia rokok ada di mana-mana, dijual di warung sampai restoran. Pemakainya pun beragam, mulai dari anak-anak sampai manula (lansia). Anehnya sudah tahu merokok itu bahaya, tapi masih saja banyak yang melakukannya bahkan membeli dan mengkomsumsinya setiap hari .

Bagi penikmatnya itu adalah hal yang pokok, serasa kalau tidak merokok maka ada yang terasa berbeda di dalam mulut. Namun tanpa di sadari bahwa zat uang terkandung di dalam rokok itu adalah zat – zat yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Banyak kandungan yang terdapat didalam rokok itu yang berdampak buruk terhadap kesehatan kita. Kita mulai dari asapnya saja dulu, asap rokok itu sangat berbahaya bagi perokok pasif, karena di dalam asap rokok itu terdapat banyak sekali zat kimia yang sangat berbahaya apabila sampai terhirup oleh perokok pasif.

Kemudian didalam rokok juga ada yang namanya zat nokotin, zat nikotin ini adalah zat yang paling berbahaya dari rokok itu sendiri karena bisa meningkatkan tekanan darah, glukosa darah, detak jantung, dan bersifat adiktif alias membuat kecanduan.

Dan masih banyak lagi zat yang beracun lainnya yang terdapat di dalam rokok, yang memperburuk kesehatan manusia. Peraturan pemerintah tahun ini juga sudah jelas menyatakan kalau merokok itu, sampai dengan di setiap rokok yang kita beli sudah dicantumkan gambar bahaya dari rokok itu sendiri sampai dengan bahaya kematian, namun kita juga masih belum sadar akan bahaya rokok itu dan masih saja mengkonsumsi rokok.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majlis Tarjih dan Tajdid, mengeluarkan fatwa baru terhadap hukum merokok. Setelah menelaah manfaat dan mudarat rokok.

Majlis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah berkesimpulan bahwa merokok secara syariah Islam masuk dalam kategori haram. Keputusan ini diambil dalam halaqoh tentang Pengendalian Dampak Tembakau yang diselenggarakan Majlis Tarjih dan Tajdid pada 7 Maret lalu di Yogyakarta.

Sekarang kembali kepada kita para penikmat rokok, ini menjadi renungan bagi kita semua, kalau ingin hidup sehat maka jauhilah rokok, Kasihanilah tubuh kita dan orang – orang yang berada di sekitar kota dengan tidak memeberikan mereka racun dari rokok itu sendiri, sudah banyak orang yang menjadi korban rokok.

Jangan sampai kejadian itu menimpa kita dan kejadian itu yang membuat kita sadar dan berhenti untuk merokok. Karena kalau sudah berdampak kepada tubuh kita dan orang – orang disekitar kita itu sudahlah terlambat. Nah, mari!

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: