Select Page

Asyiknya Perjalanan Dengan Menggunakan Kapal Laut Pelni

Asyiknya Perjalanan Dengan Menggunakan Kapal Laut Pelni

WI | Jakarta,- Meningkatnya harga tiket pesawat terbang dan diberlakukanya bagasi berbayar oleh maskapai penerbangan membuat masyarakat yang hendak melakukan berpergian jauh mulai mencari transportasi alternatif, salah satunya adalah transportasi air.

Hal tersebut terlihat dengan adanya peningkatan jumlah penumpang oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT PELNI) hingga 20%, bahkan jumlah ini akan semakin terus meningkat hingga menjelang lebaranan nanti.

Media Wahana Indonesia berkesempatan meliput langsung di kapal Pelni, yakni KM. Dorolonda jurusan Tanjung Priok Jakarta menuju Ujung Pandang Kota Makassar (1/3/2019).

Wahana Indonesia menemukan kondisi kapal yang sangat baik, seluruh penumpang menempati tempatnya masing-masing sesuai dengan nomor tiket yang diterima, kebersihan, keamanan dan konsumsi didalam kapal KM Doroonda juga sangat baik.

Dari pantauan awak Media Wahana Indonesia, mayoritas dari mereka melakukan perjalanan menggunakan kapal laut, merupakan pengalaman pertamanya.

Nurwiyanti

Nurwiyanti Penumpang KM. Dorolonda. Foto: Ian

“Biasanya saya menggunakan Pesawat, karena harga tiket mahal saya cari alternatif lain, yakni Pelni, tapi cukup lumayan disamping harga terjangkau, fasilitasnya juga tidak kalah baik” tutur Nurwiyanti.

“KM Dorolonda sendiri mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan, penumpang yang sekarang ini lebih banyak kaum milenial (anak muda), yang kebanyakan adalah mahasiswa-mahasiswi yang sedang berlibur” kata Erivaldi yang merupakan Mualim I KM Dorolonda.

Erivaldi Mualim I KM Dorolonda Foto: Ian

Rasa was-was yang banyak dialami penumpang adalah kondisi makanan yang masih menggunakan terapan lama yakini nasi “komprengan”. Ternyata sekarang semua makanan dikemas dengan kondisi yang baik.

“Dulu konsumsi di kapal Pelni khusunya yang kelas ekonomi menggunakan Komprengan, kalau sekarang sudah menggunakan nasi kotak, ” ungkap Obe salah satu penumpang kapal KM DoroLonda dengan tujuan Ambon.

Nasi Box KM.Dorolonda Foto: Ian

Antusias juga dirasakan oleh penumpang, mereka menganggap pemberian nomor disetiap tempat tidur merupakan langkah awal yang baik, karena penumpang menjadi lebih tertib. Penumpang tidak perlu terburu-buru menaiki Kapal, karena sudah dapat jatah masing-masing penumpang.

“Saya terakir naik kapal Pelni tahun 2002, baru ini kali pertama naik kembali, banyak sekali perubahan yang dilakukan Pelni, nomor tempat tidur membuat penumpang menjadi nyaman dan tidak rebutan tempat.” Ungkap tuti yang merupakan penumpang jurusan Surabaya – Ambon.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu Security KM Dorolonda, Supriyadi, Kapal Pelni Khususnya KM Dorolnda terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban di atas kapal.

“Penumpang sekarang memiliki nomor tempat tidur, tidak perlu rebutan seperti dulu”

“Penumpang juga sudah lebih bijak mematuhi larangan tidak merokok di dalam kapal, selain banyak stiker-stiker dilarang merokok, kami juga memberi teguran melalui pengeras suara agar tidak merokok di dalam kapal, karena di dalam kapal banyak balita, anak-anak dan ibu hamil,” tutur Supriyadi.

“Setelah kapal jalan dari setiap pelabuhan, akan diperiksa tiket kapal, di cek tiket dengan nomor tempat tidur, jika berbeda akan di suruh pindah, bagi penumpang yang tidak memiliki tiket, maka akan dikenakan denda sebesar 200% dari harga tiket (sesuai dengan ketentuan PT Pelni), jika tidak sanggup bayar, akan diturunkan di pelabuhan selanjutnya”, tutup Supriyadi.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas seperti Wifi dan telepon juga dapat diakses selama kapal melakukan perjalanan, Vocer Wifi internet dan  juga makanan  dapat dibeli di Deck 8 (Cafe taria) dengan harga cukup terjangkau. Bahkan setiap Deck banyak kita jumpai Pelni Mart.

Pelni Mart Foto: Ian

 

Cafe Foto: Ian

 

Cafe KM. Dorolonda Foto: Ian

Fasilitas koneksi telepon disediakan di Kapal Pelni, dengan tujuan agar penumpang dapat berkomunikasi dengan keluarga walaupun kapal sedang dalam perjalanan ditengah laut

Agar perjalanan aman dan nyaman KM DoroLonda juga memiliki fasilitas Unit Kesehatan, hal tersebut diperuntukan bagi penumpang yang sakit atau terjadi kecelakaan.

Teguh, Perawat KM Dorolonda Foto: Ian

“Fasilitas kesehatan di kapal Pelni semuanya Gratis dan 24jam, klinik ini hanya sebagai pertolongan pertama saja, jika dianggap tidak dapat melanjutkan perjalanan, pasien akan segera di turunkan di pelabuhan selanjutnya, agar dapat dibantu penanganan medis lebih intensif di rumah sakit.” Tutur Teguh yang merupakan Perawat KM Dorolonda.

Terdapat tempat ibadah seperti Masjid dan Gereja. Masjid yang terdapat di Deck 7 sedangkan Gereja dapat digunakan pada setiap hari minggu yang diadakan di Restaurant kelas I deck 6.

Masjid KM.Dorolonda Foto: Ian

“Untuk penumpang yang beragama muslim tidak perlu khawatir, karena Kumandang Adzan, peringatan jam-jam Sholat lima waktu dan arah kiblat terus diumumkan oleh Awak Buah Kapal (ABK)”, uangkap Jounet yang merupakan ABK yang bertugas di pos Informasi deck 5.

Selain untuk perjalanan penumpang kapal pelni bisa juga mengadakan acara, seperti rapat, pernikahan, seminar dan bahkan field Trip dari sekolah.

Field Trip SMKN 1 Puring Jawa Tengah Foto: Ian

Kebetulan ketika awak media mengikuti perjalanan terdapat dua acara di dalam kapal KM Dorolonda, yakni acara seminar dari salah satu perusahaan yang menggunakan kapal KM Dorolonda dan Field Trip dari SMKN 1 Puring Jawa Tengah.

Menurut Suwanto yang menupakan Jenang I KM Dorolonda, “banyak yang menggunakan jasa Pelni untuk melakukan kegiatan di atas kapal, ada yang seminar, rapat, bahkan pernikahan.”

Foto Kiri Jenang II: Ridwan, dan Foto Kanan Jenang I: Suwanto Foto: Ian

“Jika melakukan kegiatan diatas kapal semua fasilitas dipenuhi, ada bar dan live music, makanan yang enak, nyaman, dan juga sekalian bisa menikmati indahnya pemandangan laut,” ungkap Ridwan yang menupakan Jenang II KM Dorolonda.

Kegiatan Field Trip dari bebagai sekolah sering diadakan di dalam kapal KM Doro Lodan, salah satunya dari SMKN 1 Puring Jawa Tengah. Siswa-siswi SMKN 1 Puring tiap tahun melakukan acara Field Trip kepada siswa dan siswi yang kelas X.

Field Trip SMKN 1 Puring Jawa Tengah Foto: Ian

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, sebagai bentuk pengenalan kepada siswa-siswi kelas X (tahun ajaran pertama), Field Trip ini merupakan pengenalan dasar, mulai dari Anjungan, kegiatan diatas kapal hingga keruang mesin. sehingga teori dan praktek lapangan bisa lebih seimbang”, ungkap Ruswanto yang merupan Salah Satu Guru SMKN 1 Puring Jawa Tengah.

Pelni juga memfasilitasi hiburan di dalam kapal. Yakni terdapat theater (bioskop) dan juga hiburan life music yang di adakan setiap malam.

Theater KM Dorolonda Foto: Ian

Life music yang terdapat di restaurant kelas I biasanya diadakan pada jam 20.00 hingga tengah malam, itupun jika kapal tidak posisi sandar”, tutur Ridwan yang menupakan Jenang II KM Dorolonda.

Life Music, KM Dorolonda Foto: Ian

Informasi tambahan, KM Dorolonda pada bulan April mendatang melakukan Docking.

“yang dimaksud dengan docking adalah men-Repair Kapal, jadi moment yang tepat juga sebelum persiapan Lebaran, setelah docking nanti kapal KM Dorolonda sudah siap menghadapi penumpang mudik lebaran, karena kapal dalam keadaan Fresh”, Ungkap Saiful Ghozi yang merupakan Kepala Bagian Usaha PT Pelni Cabang Tanjung Priok.

About The Author

Red

Redaktur Pelaksana Tlpn/WA : 08888917522 / 085261780596 email: redaksi@wahanaindonesia.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: