Select Page

Mahasiswa KKN BK K344 di Kota Medan Gelar Edukasi Masyarakat Pembuatan Sabun Cuci Piring

Mahasiswa KKN BK K344 di Kota Medan Gelar Edukasi Masyarakat Pembuatan Sabun Cuci Piring

Medan Marelan – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan skema Balik Kampung (BK) Kelompok K344 yang dibimbing oleh Sayni Nasrah, S.Pd.,M.Pd.,selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengadakan kegiatan edukasi masyarakat Lingkungan VI Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Dengan mengadakan pelatihan pembuatan sabun cuci piring yang dapat dijadikan ide usaha di masa pandemi.
Hasil dari pelatihan masyarakat pembuatan sabun itu sekitar 18 liter sabun cuci piring. Jumat, 4/12.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin, 16 November 2020 dan dihadiri oleh 21 masyarakat Lingkungan VI Kelurahan Paya Pasir.

Selanjutnya masyarakat diajarkan oleh mahasiswa Universitas Malikussaleh mulai dari pengenalan bahan sampai dengan pengemasan. Semua rangkaian dilakukan satu-persatu dan di akhir acara hasil dari pembuatan sabun itu diberikan kepada masyarakat yang hadir.

Mahasiswa KKN juga menyertakan brosur langkah pembuatan sabun cuci piring dan memberikannya kepada masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat secara berkelanjutan dan diharapkan dapat mengurangi biaya pembelian sabun cuci piring dan dapat dijadikan ide usaha.

Masyarakat sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Adanya kegiatan ini membuat masyarakat merasa senang dan termotivasi hingga ada salah satu warga yang melanjutkan pembuatan sabun cuci piring untuk dijual.

“Alhamdulillah, karena kegiatan pembuatan sabun yang sudah kalian laksanakan, ada warga bapak yang sudah memasarkan sabun cuci piring, terimakasih“ ujar Hendra Permana, selaku Kepala Lingkungan VI Kelurahan Paya Pasir. (Wildatul Hasanah)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *