Select Page

Antisipasi Kejadian Laka Lantas, POM Kolinlamil Berlatih Olah TKP

Antisipasi Kejadian Laka Lantas, POM Kolinlamil Berlatih Olah TKP
WI I  Jakarta, –
Satya Wira Jala Dharma.  Polisi Militer (POM) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan latihan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas (laka lalin) di area Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (5/2). Latihan dipimpin langsung Komandan POM Kolinlamil Letkol Laut (PM) Aman Kurniawan yang didampingi para perwira stafnya.
Polisi Militer Kolinlamil menggandeng Satuan Lalulintas Polres KP3 Pelabuhan Tanjung Priok dalam latihan olah TKP dengan instruktur Iptu Pol Supriono Kanit Laka Lantas Polres KP3, Aiptu Pol Arsad R dan Bripka Pol Des Topan.
Materi – materi yang dilatihkan meliputi teori dan praktek Olah TKP, Peraturan Pengamanan TKP, pengecekan TKP, Pengamatan Umum, Pengamatan Khusus dan Penyebab Utama terjadinya kecelakaan lalulintas.
Dalam melaksanakan olah TKP diikuti dengan pembagian tugas, 6 Personel yang melakukan olah TKP dengan masing-masing tugas mengatur lalulintas, mengamankan korban, mencari bukti dan saksi dan petugas pengukuran
Olah TKP adalah salah satu fungsi teknis dalam satuan Polisi Militer yang dianggap sangat penting. Olah TKP yang baik dan benar adalah membuat suatu kasus bisa lebih mudah terdata, terbaca, dan pada akhirnya terpecahkan.
Pengungkapan sebuah kasus kriminal sudah barang tentu tidak lepas dari keberadaan TKP dan berbagai bukti yang ada terkait kejadian tersebut. Penanganan olah TKP tindak pidana umum dan laka lalin, menjadi sangat penting dikaitkan dengan perkembangan masyarakat dalam kasus kejadian.
Dalam penanganan olah TKP dilakukan dengan cara meminta keterangan saksi, mengumpulkan barang bukti, mengidentifikasi, dan mendokumentasi sehingga dapat dijadikan bahan analisa sebagai bahan laporan ke pimpinan.
Pada kesempatan itu, Komandan POM Kolinlamil, Letkol Laut (PM) Aman Kurniawan  mengatakan tujuan dilaksanakan latihan olah TKP ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan anggota POM Kolinlamil dalam mencari penyebab terjadinya suatu kecelakaan.
“Pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan melatih ketrampilan serta meningkatkan profesionalisme prajurit POM Kolinlamil dalam hal penanganan olah TKP,” tegasnya.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr (Opsla) disela-sela waktunya mengharapkan jajaran Polisi Militer Kolinlamil untuk terus meningkatkan profesionalismenya dengan berlatih dan belajar tentang fungsi-fungsi kepolisian militer dalam mendukung tugas pokok Kolinlamil.(Benny PS/Dispen Kolinlamil)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *