Select Page

Ribuan Relawan Desa Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat

Ribuan Relawan Desa Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat

WI | Jakarta,-  Sedikitnya sekitar tujuh ribu Barisan Relawan Desa Joko Widodo 01 akan mengawal suara calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01 di 5.312 desa yang berada di Jawa Barat. Menurut Koordinator Berdesa Jokowi 01 Jawa Barat Indra Sudrajat, pedesaan memiliki tantangan tinggi, mengingat tak semua masyarakatnya mampu mudah mengakses informasi.

“Persoalan di pedesaan juga sangat berat. Karena banyak masyarakat di desa yang tidak menggunakan media sosial,” ujar Indra di sela kegiatan deklarasi Berdesa Jokowi 01 Jabar, di Kota Bandung, Selasa (5/2).

Indra menilai, harus ada relawan yang turun langsung ke bawah untuk menetralisir isu hoaks atau fitnah yang dialamatkan kepada pasangan calon Jokowi-Maruf Amin. Relawan yang tergabung di Berdesa Jokowi 01 ini adalah para pegiat desa memang yang selama ini beraktivitas di desa-desa dengan berbagai macam profesi di desanya.

“Memang tantangannya berat,” kata Indra

Menurut Indra, pihaknya telah menempatkan para relawan di setiap desa di Jabar untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada lingkungan masyarakat. Misalnya saja, gotong royong, siskamling dan kegiatan keagamaan.

Sebab, kata Indra, dewasa ini di tempat interaksi masyarakat tersebut biasanya sudah membicarakan yang sifatnya politik dan membicarakan pilpres. “Yang muncul biasanya soal soal fitnah, berita bohong. Tentunya harus dinetralisir,” kata Indra seraya mengatakan yang dinetralisir adalah membicarakan prestasi prestasi yang sudah dilakukan oleh Jokowi.

Idealnya, kata dia, pada pertarungan politik ini lebih diisi oleh perang gagasan, ide maupun program di antara kedua belah paslon. Karena itu, pihaknya merasa perlu menangkal setiap isu dan berita hoaks dengan membicarakan kemajuan Indonesia selama kepemimpinan Jokowi. Tak terkecuali untuk setiap desa di kawasan Priangan Timur yang notabene basis kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Ini serangan darat, serangan udara kami akan lakukan tetap ada tim siber, tapi fokus kami di serangan darat,” katanya.

Selanjunya, kata Indra, pihaknya akan melihat perkembangan hasil survei untuk beberapa desa rasa kota. Misalnya saja di Kabupaten Bekasi yang memang kultur masyarakatnya bak diperkotaan. “Mungkin treatmentnya berbeda. Kalaupun ini harus dialihkan ke (Jabar) Selatan yang lebih desa targetnya diperbanyak di sana, bisa jadi seperti itu,” katanya.

Indra optimistis, bisa menyumbang dua juta suara untuk paslon nomor urut 01. Setiap desa, akan dikerahkan 377 relawan dari penggiat desa.

Sementara menurut Pembina Berdesa Jokowi 01 Jawa Barat Abby Yuhana, pihaknya berpendapat bahwa agenda Pemilu 2019 harus berjalan dengan damai tanpa tanpa saling mencelakakan antar kandidat.

“Kami percaya semua ekspresi semata-mata demi kemajuan bangsa, semata-mata demi terselenggaranya kebaikan bangsa, untuk demi masa depan yang menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju,” katanya. (rep/Red)

About The Author

Red

Redaktur Pelaksana Tlpn/WA : 08888917522 / 085261780596 email: redaksi@wahanaindonesia.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index

Social Media

Categories

Android

Download Aplikasi android: