Select Page

SIAGAKAN SATGAS, KOLINLAMIL HADIRI APEL KESIAPSIAGAAN BANJIR PEMPROV DKI

SIAGAKAN SATGAS, KOLINLAMIL HADIRI APEL KESIAPSIAGAAN BANJIR PEMPROV DKI
WI I  Jakarta, –
Satya Wira Jala Dharma. Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan menghadiri apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan yang digelar Pemprov DKI Jakarta di Lapangan Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11). Apel kesiapsiagaan tersebut dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Kolinlamil menyiagakan 60 personel berikut truk, sekoci karet, motor tempel dan dayung untuk mendukung pemerintah provinsi DKI Jakarta.
Kepala Staf Kolinlamil yang mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi menegaskan, Kolinlamil siap membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setiap saat apabila banjir melanda ibukota.
“Sesuai Undang-undang TNI no 34 tahun 2004 TNI memiliki tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Membantu mengatasi banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta hampir setiap tahunnya adalah salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” ujar Kepala Staf Kolinlamil.
Selain itu, lanjutnya, kesiapan Satgas Banjir Kolinlamil juga sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar prajurit TNI AL selalu menjaga kepercayaan negara dan rakyat dengan melakukan kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara..
Apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan ini dimulai pukul 07.15 WIB. Turut hadir Kepala BNPB Doni Monardo, Wagub DKI Ahmad Riza Patria, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Pertama TNI Nazali Lempo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, dan Kapolres Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko.
Acara ini diikuti sekitar ratusan personel dari berbagai instansi yakni, BPBD DKI, PMI, SAR DKI , Kolinlamil, Kodim Jakarta Utara, Polres Jakarta Utara, Polres KP3 Tanjung Priok hingga Satpol PP DKI. Ada tiga kata kunci dalam penanganan musim hujan di Ibu Kota, yakni siaga, tanggap, dan galang.
“Pagi ini, kita laksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan, kita kirimkan pesan ke diri sendiri bahwa pada musim hujan ini kita punya tingkat kewaspadaan yang tinggi, ada 3 kata kunci, yaitu siaga, tanggap, galang,” kata Gubernur DKI Jakarta.
Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada unsur tiga pilar.
Dan dalam waktu dekat, Pemprov DKI akan memprioritaskan pelebaran penampungan air terlebih dahulu.(benny p silalahi/Dispen Kolinlamil)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pojok Update

Android

Download Aplikasi android: