Select Page

HADAPI MUSIM PENGHUJAN, KOLINLAMIL LATIHAN SIAGA BANJIR

HADAPI MUSIM PENGHUJAN, KOLINLAMIL LATIHAN SIAGA BANJIR
WI I Jakarta,-
 Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyiagakan Tim Satuan Tugas (Satgas) Banjir dengan melaksanakan latihan pertolongan serta evakuasi korban banjir yang dilaksanakan di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat kemarin.
Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar, mengatakan, latihan Tim Satgas Banjir Kolinlamil ini sebagai antisipasi menghadapi situasi dan kondisi Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Utara, terhadap kemungkinan terjadinya banjir di musim penghujan saat ini.
“Kita siap membantu program pemerintah jika sewaktu-waktu diperbantukan dalam tugas kemanusiaan,” katanya.
Lebih lanjut Dandenma Kolinlamil mengatakan, latihan Tim Satgas Banjir Kolinlamil kali ini diikuti sekitar 60 prajurit Mako Kolinlamil dan Satlinlamil 1 Jakarta yang terdiri dari personel staf, tim kesehatan, dan tim angkutan guna meningkatkan ketrampilan prajurit sebagai wujud kesiapsiagaan Kolinlamil dalam menghadapai situasi musibah banjir ke depan.
Kegiatan latihan yang dipimpin Perwira Staf Operasi (Pasops) Denmako Kolinlamil itu mulai dari pemasangan tenda dapur umum, tenda evakuasi korban banjir, kesiapan perahu karet, serta kesiapan kendaraan angkutan untuk evakuasi korban banjir.
“Telah dilakukan juga kegiatan pelatihan kepada satgas banjir berupa simulasi langkah-langkah evakuasi dan penanggulangan korban banjir dalam menghadapi bencana. Selain itu koordinasi antar stakeholder dalam pelibatan personel gabungan ke dalam satgas banjir di wilayah Jakarta Utara juga sudah dilaksanakan,” jelas Komandan Denmako Kolinlamil.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) menegaskan, Kolinlamil selalu siap dan siaga untuk membantu pemerintah DKI Jakarta dalam menghadapi banjir yang menghantui warga DKI Jakarta setiap tahunnya saat musim penghujan. Sesuai Undang-undang TNI no 34 tahun 2004 TNI memiliki tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
“Salah satu tugas non perang adalah membantu mengatasi bencana alam, seperti misalnya banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta hampir setiap tahunnya” ujar orang nomor satu Kolinlamil ini.
Selain itu, lanjut Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) kesiapan Satgas Banjir Kolinlamil juga sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, agar prajurit TNI AL selalu menjaga kepercayaan negara dan rakyat dengan melakukan kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. (Benny P Silalahi/Dispen Kolinlamil)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pojok Update

Android

Download Aplikasi android: